Jenis Jenis Marketing
menurut Supriyanto yaitu marketing eksternal, marketing
internal dan marketing interaktif.
Pemaran
Internal merupakan salah satu dari jenis jenis marketing. Pada dasarnya
karyawan adalah pelanggan pertama dari suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana
suatu perusahaan harus memuaskan karyawan, memperhatikan kebutuhan, keinginan
serta harapan, demikian juga mengenai kesejahteraan karyawan. Semua tersebut
merupakan hak yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karena itu kewajiban
perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawan seperti gaji, tunjangan
hari tua, pengembangan karir, asuransi dan lain-lain. Di lain pihak harus
memasarkan perusahaan tersebut, termasuk sumber daya perusahaan dan brand
image (citra merek).
Marketing
Interaktif merupakan salah satu dari jenis jenis marketing. Kemampuan karyawan
untuk berinteraksi dengan pelanggan mengharuskan setiap karyawan memiliki
keterampilan dan profesional dalam malayani pelanggan. Untuk memuaskan
kebutuhan dan harapan pelanggan, karyawan harus selalu kelihatan menarik, murah
senyum, mau mendengarkan keluhan, siap bila diperlukan, hormat, sabar, jujur
dan bisa dipercaya.
Marketing
Eksternal merupakan salah satu dari jenis jenis marketing. Marketing eksternal
menjadi tugas dari manager dan organisasi marketing perusahaan. Dalam memahami
kebutuhan dan harapan pasar, upaya menciptakan produk atau jasa pelayanan,
serta mengupayakan terjadinya transaksi yang saling menguntungkan kedua belah
pihak.
Tujuan Marketing
secara umum, sebagai berikut :
1. Kebutuhan
Tujuan marketing
yang pertama yaitu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kebutuhan adalah sesuatu
yang sifatnya mendasar yang diperlukan untuk memenuhi masalah manusia. Contoh :
Kebutuhan makanan, minum, pakaian, rumah dan pendidikan.
2. Keinginan
Tujuan Marketing
yang kedua ialah untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kebutuhan yang telah
menjadi dorongan untuk diselesaikan (hasrat untuk memenuhi kebutuhan) ketika
mereka diarahkan kepada tujuan atau objek tertentu yang spesifik, yang
memungkinkan memuaskan kebutuhan. Orang sakit ingin berobat modern, maka ia
akan berobat ke rumah sakit, puskemas atau klinik.
3. Harapan
Tujuan Marketing
yang ketiga adalah untuk memenuhi harapan pelanggan. Harapan adalah keinginan
akan produk atau jasa tertentu yang bersifat individual dengan memperhatikan
bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan keinginan. Contohnya : Berobat ke rumah
sakit, dengan pelayanan dokter yang terampil dan cepat serta ramah (harapan).
Faktor psikografi (selera, gaya hidup, persepsi terhadap tempat pelayanan) ikut
menentukan harapan seseorang.
Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Marketing, Tujuan Marketing dan
Jenis Jenis Marketing :
Jenis Jenis Marketing
menurut Supriyanto yaitu marketing eksternal, marketing
internal dan marketing interaktif.
Pemaran
Internal merupakan salah satu dari jenis jenis marketing. Pada dasarnya
karyawan adalah pelanggan pertama dari suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana
suatu perusahaan harus memuaskan karyawan, memperhatikan kebutuhan, keinginan
serta harapan, demikian juga mengenai kesejahteraan karyawan. Semua tersebut
merupakan hak yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karena itu kewajiban
perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawan seperti gaji, tunjangan
hari tua, pengembangan karir, asuransi dan lain-lain. Di lain pihak harus
memasarkan perusahaan tersebut, termasuk sumber daya perusahaan dan brand
image (citra merek).
Marketing
Interaktif merupakan salah satu dari jenis jenis marketing. Kemampuan karyawan
untuk berinteraksi dengan pelanggan mengharuskan setiap karyawan memiliki
keterampilan dan profesional dalam malayani pelanggan. Untuk memuaskan
kebutuhan dan harapan pelanggan, karyawan harus selalu kelihatan menarik, murah
senyum, mau mendengarkan keluhan, siap bila diperlukan, hormat, sabar, jujur
dan bisa dipercaya.
Marketing
Eksternal merupakan salah satu dari jenis jenis marketing. Marketing eksternal
menjadi tugas dari manager dan organisasi marketing perusahaan. Dalam memahami
kebutuhan dan harapan pasar, upaya menciptakan produk atau jasa pelayanan,
serta mengupayakan terjadinya transaksi yang saling menguntungkan kedua belah
pihak.
Tujuan Marketing
secara umum, sebagai berikut :
1. Kebutuhan
Tujuan marketing
yang pertama yaitu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kebutuhan adalah sesuatu
yang sifatnya mendasar yang diperlukan untuk memenuhi masalah manusia. Contoh :
Kebutuhan makanan, minum, pakaian, rumah dan pendidikan.
2. Keinginan
Tujuan Marketing
yang kedua ialah untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kebutuhan yang telah
menjadi dorongan untuk diselesaikan (hasrat untuk memenuhi kebutuhan) ketika
mereka diarahkan kepada tujuan atau objek tertentu yang spesifik, yang
memungkinkan memuaskan kebutuhan. Orang sakit ingin berobat modern, maka ia
akan berobat ke rumah sakit, puskemas atau klinik.
3. Harapan
Tujuan Marketing
yang ketiga adalah untuk memenuhi harapan pelanggan. Harapan adalah keinginan
akan produk atau jasa tertentu yang bersifat individual dengan memperhatikan
bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan keinginan. Contohnya : Berobat ke rumah
sakit, dengan pelayanan dokter yang terampil dan cepat serta ramah (harapan).
Faktor psikografi (selera, gaya hidup, persepsi terhadap tempat pelayanan) ikut
menentukan harapan seseorang.
Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Marketing, Tujuan Marketing dan
Jenis Jenis Marketing :
– S. Supriyanto dan Ernawati, 2010. Judul : Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar