Banyak orang yang menggunakan istilah yang berhubungan dengan “digital marketing” ketika mencari tentang istilah “online marketing”. Padahal pada dasarnya pemasaran digital atau digital marketing adalah payung yang melingkup terkait online atau internet marketing. Pemasaran digital tidak sama dengan pemasaran online tetapi sebenarnya mencakup berbagai hal yang jauh lebih luas seperti saluran digital, perangkat atau platform misalnya; billboard, DTV, ponsel / tablet, podcast, radio dll dengan cara komunikasi dan kebiasaan pelanggan yang masing-masing berbeda.
Mengetahui pengertian seperti ini sangat penting terutama dalam pelaksanaan proses pemasaran karena perbedaan ruang lingkup dari masing-masing istilah yang digunakan. Ada banyak kategori pemasaran digital, beberapa lama dan beberapa baru, tetapi yang jelas adalah bahwa jumlah bentuk-bentuk baru pemasaran digital yang menjadi lazim tidak menurun. Tak pelak jenis pemasaran ini akan dibicarakan dan dicari secara online, dan tentu saja hasilnya adalah “pemasaran digital” akan digunakan sebagai alternatif dan karena itu ketertarikan dalam pencarian istilah tersebut akan terus tumbuh.
Berdasarkan wikipedia pengertian dari digital marketing dan online marketing adalah sebagai berikut:
Tapi orang-orang cenderung mengaitkan “internet marketing” sama dengan “online marketing” dan dengan cara yang sama beberapa instansi mendeklarasikan diri mereka sebagai badan internet marketing atau online marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar